Iklan 1

Monday, March 21, 2016

Review Toyota Yaris Tipe E Tahun 2010, Si Hatchback Andalan Toyota


Moin Readers.. untuk review pertama ini ane akan mereview hatchback tulang punggung Toyota dengan kisaran  harga bekas yang cukup stabil, so jika Readers butuh tips mencari mobil bekas hatchback dengan logo oval ini.. monggo stay tuned.
Sejarah singkat

Toyota Yaris atau nama lainnya yaitu Toyota Vits , merupakan hatchback yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation di Tahun 1999. Di Indonesia sendiri Toyota Yaris masuk untuk menggantikan pasar Toyota Starlet, Toyota Yaris resmi masuk ke Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) yang didatangkan dari Thailand. Pertama kali masuk Toyota Yaris disiapkan untuk melawan dominasi Honda Jazz yang diluncurkan lebih dulu pada tahun 2004. Sejak diluncurkan mulai tahun 2006, Toyota Yaris telah mengalami dua kali facelift. Nah untuk review kali ini yaitu Toyota Yaris tipe E tahun 2010, yang merupakan Toyota Yaris facelift pertama. Spesial kredit kali ini kepada Pak Brad sebagai empunya Toyota Yaris berkelir silver ini.

Eksterior

Untuk eksterior mungkin banyak Readers yang sudah khatam dengan bentuk membulat Toyota Yaris ini. Sejak pertama mengaspal di Indonesia, Toyota Yaris tipe E 2010 hanya mengalami facelift. Untuk tipe E tahun 2010 ini terdapat tambahan body kit depan belakang, side skirt dan roof spoiler.
Tampak depan
Tampak Belakang

Aura body secara subyektif buat ane terkesan feminin dan cocok untuk nonik-nonik pergi ke mall. Sedikit saran dari ane jika meminang Toyota Yaris ini, dengan beberapa modifikasi ringan di bagiann velg akan membantu untuk tampil sporty.
Tampak samping

Untuk Toyota Yaris yang ane review ini kondisinya cukup mulus dan pemiliknya juga mendapatkannya dengan harga yang cukup menggiurkan.

Interior

Untuk interior walau tidak membawa resep serupa ultra seat Honda Jazz, tapi interior di sini secara kepraktisan dan build qualitynya boleh lah diacungi jempol.
Interior yang membulat
Bahan dashboard masih hard plastic tapi tidak berkesan murahan, dan bahan fabrik di door trim cukup membuat kesan elegan. Pengaturan power windows juga lengkap. Jika Readers adalah keluarga kecil, Toyota Yaris mempunyai benyak sekali tempat penyimpanan. Ada Cup Holder di sisi kanan dan kiri kisi-kisi AC, di tiap panel pintu, dan di konsol tengah. Untuk laci pun terdapat tiga laci, hei iya readers, 3 laci.  Di dash depan kursi penumpang ada dua, dan ini yang menarik karena panel cluster meter menganut center fascia,voilahhh..  jadi di depan setir terdapat laci tambhan.
Untuk visibilitas cluster meter juga cukup baik. Iluminasi displaynya cukup menarik dan ada MID yang informatif.

Center fascia
Panel Cluster meter yang menarik dan informatif
Untuk legroom, buat ane tinggi 175 cm tidak ada yang namanya mentok dashboard, itu juga berlaku uketika duduk di jok belakang, legroom tetap dewa.. Good Job Toyota. Untuk kualitas jok pun nyaman dengan bahan fabric yang halus dan di saat kecepatan tinggi sebagai pengemudi jok cukup sukses memeluk badan.
Leg room depan lega

Leg room belakang dewa
Untuk ruang bagasi cukup luas, untuk volume masih di bawah Honda Jazz tapi tidak sehoror Suzuki Swift.
Bagasi belakang

Dibawah bagasi juga terdapat kompartemen untuk penyimpanan ban cadangan, voilah...
Tempat ban cadangan

Mesin
Untuk sektor mesin, Toyota Yaris menggunakan mesin legendaris, mesin 1NZ-FE, yang kalau tidak bisa dibilang ketinggalan, apalagi jika dibandingkan dengan mesin Ford Fiesta Ecoboostnya. Tapi disinilah letak spesialnya mesin 1NZ-FE 4 silinder yang mampu menyemburkan 109 daya kuda, sudah digunakan oleh Toyota Limo sebagai armada taksi, yang mana    armada taksi pasti menggunakan mobil dengan mesin badak untuk menempuh jarak ratusan kilometer dalam sehari. Untuk kategori durability dan ketersediaan sparepart mesin ini cukup ramah bagi pemakainya.
Mesin Legendaris

Driving impression
Masuk ke kabin, nyalakan mesin.. well done, peredaman kabin cukup bagus. Untuk ukuran mobil tahun 2010 rattling interior nyaris tidak ditemukan. jadi teringat akan horornya suara-suara misterius menggunakan duo agay  alay keluaran tahun lebih muda.
Sebagai gambaran awal buat para readers, dibawah  ini spesifikasi dari Toyota Yaris, yaitu: 
      · Mesin : 1,5 liter 1NZ-FE bensin
· Tenaga : 109 HP @6.000 RPM. 
· Torsi : 142 Nm @4.200 RPM. 
· Konsumsi BBM: 9-12km / L (dalam kota), 11-14km / L (luar kota). 
· Transmisi : 5-speed manual, 4-speed otomatis. 
· Suspensi : Depan independent McPherson strut, Belakang rigid axle with torsion beam. 
Jika kita lihat diatas kertas maka Toyota Yaris akan sangat bertenaga di putaran awal, yang ane rasakan saat mengendarai yaris ini memang untuk putaran awal cukup bertenaga, tapi di putaran atas serasa habis nafas. Mobil ini handlingnya nyaman, lubang dan polisi tidur bisa dilibas dengan baik, tapi sayang buat ane kurang dapat feel fun to drivenya.

Kesimpulan

Toyota Yaris, hatchback Toyota yang sukses membuat ane kembali menjadi anak muda, dari interior, dari eksterior...
not to mention its driving impressionmenurut ane feel fun to drivenya yang kurang greget... 

Pros :
Desain masih cukup manis
Mesin yang bandel
No rattling
- Comfy
It's Toyota, indeed..

Cons :
not fun to drive
Pricing

Untuk Toyota Yaris yang ane coba ini, sang pemilik menebus dengan kisaran harga Rp 127 juta di pertengahan tahun 2015. Harga yang cukup murah mengingat kondisi mobil yang masih prima. Bagi readers yang berminat untuk mencari Yaris tipe E di tahun 2010 bisa menyiapkan dana antara Rp 125 juta hingga Rp 135 juta dan pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 2, 3 juta per tahun. Sebagai pertimbangan di kisaran harga yang sama, Readers bisa mengintip Honda Jazz Vtec 2007 dan Suzuki swift ST tahun 2010. Selamat berburu Readers..

No comments:

Post a Comment