Moin Readers.. asal muasal artikel ini ketika ane pulang ke kota kelahiran dan bapak ane bernostalgia dengan Daihatsu Hijet yang sudah lama terjual. Bapak cerita sangat nyaman menggunakan Hijet, dan yang disayangkan menurut bapak adalah mesinnya yang 3 silinder. Karena menurut beliau tenaga mesin kopong dan getaran mesinnya keras. Nah ane jadi tergelitik karena trend penggunaan mesin 3 silinder di mobil-mobil keluaran terbaru. Untuk impresi ane terhadap mesin 3 silinder zaman sekarang, ane sudah mencoba test drive Nissan March, yang bisa Readers cek disini
Sementara itu di artikel ini Ane mengumpulkan 10 mobil keluaran terbaru di Indonesia dengan mesin 3 silinder. Berikut list mobil-mobilnya buat Readers..
Sebuah hatchback 3 silinder dengan desain body yang membulat dan terkesan feminin. Dengan mesin HR12DE 1.198 cc 3 silinder, mesin yang masih satu family dengan Grand Livina. Dengan karakteristik lemah di akselerasi namun efisien di penggunaan bahan bakar.
LMPV 7 penumpang dengan mesin 989 cc 3 silinder? Mungkin banyak yang ragu untuk performa Xenia ini. Tapi dari pengalaman ane pernah mengendarai luar kota dari Malang ke Banyuwangi dengan beban penuh, sepertinya Readers tidak usah khawatir akan kehabisan nafas di akselerasi. Kekurangannya memang suara mesin kalah halus dengan Nissan March.
Mobil LCGC merk Toyota, yang diproduksi oleh Daihatsu. Dengan mesin 998 cc 3 silinder, suara dan getaran mesinnya tak terasa, namun ketika digunakan berakselerasi di RPM atas memang suara khas 3 silinder mulai terdengar. Tenaga tidak terlalu besar 65 dk, cukuplah untuk menggendong bodynya yang ringan.
Saudara kembar identik dari Toyota Agya, tetunya pengalaman berkendara terhada mesinnya sama dengan Toyota Agya. Untuk Daihatsu Ayla X ane pernah mengendarai hingga kecepatan 130 km/jam, sayang body yang ringan dan tapak roda yang kecil sudah tidak mampu menerima putaran mesinnya.
Suzuki meluncurkan Karimun Wagon R untuk bertarung di kelas LCGC. Dengan mesin K10B menyemburkan 68 dk, dan suara dan getaran mesin tidak terlalu istimewa. Kelebihan Karimun Wagon R adalah adanya pilihan AGS (Auto Gear Shift) yang memberikan pilihan perpindahan gigi secara manual tanpa pedal kopling ataupun otomatis.
Datsun melakukan comeback di pasar Indonesia dengan meluncurkan Datsun Go dan Datsun Go panca. Mesin yanh digunakan sama dengan Nissan March, HR12DE dengan 1198 cc 3 silinder. Ternyata walaupun torsi yang tercatat sama tetapi tenaga yang disemburkan terpaut cukup jauh, Datsun Go mencatat keluaran tenaga hingga 68 dk sedangkan Nissan March mampu mengeluarkan tenaga maksimal 79 dk.
Lucky 7 ini ane persembahkan untuk mesin 3 silinder Ford EcoBoost. Ford EcoBoost walau dalam segi penjualan di Indonesia tidak terlalu banyak, bahkan hanya 1/4 dibanding penjualan Ford Fiesta. Tapi dari teknologi mesin ini adalah mesin 3 silinder terbaik di kelasnya dibuktikan dengan menyabet International best engine of the year 3 tahun berturut-turut tahun 2012, 2013, dan 2014. Mesin 998 cc dan 3 silinder dengan turbocharger mampu menyemburkan tenaga 125 dk dan torsi 170 Nm. lebih tinggi daripada hatchback dengan mesin 1,5 L seperti Jazz atau Yaris.
Mobil andalan Mitsubishi di kelas city car, dengan mesin 1.193 cc dan 3 silinder. Tenaga 75 dk dan torsi 100 Nm, sepertinya tidak salah kalau iklan komersial mobil ini menggunakan Rio Haryanto sedang ngebut didalam kota, karena cukup bisa diandalkan untuk stop and go. Sayang untuk perjalanan luar kota mobil ini terasa agak limbung. Untuk review Mirage lebih lengkap bisa membuka artikel ini.
Sebelum Karimun Wagon R mengaspal di jalanan Indonesia, terdapat generasi Karimun Estillo. Di awal peluncurannya tahun 2007 masih menggunakan mesin F10D 4 silinder, selang 2 tahun yakni di tahun 2009 New Suzuki Karimun Estillo dengan mesin K10B 3 silinder. Mesin yang sama dengan Suzuki Karimun Wagon R. Untuk penggunaan sehari-hari asal tidak untuk tanjakan ekstrim mesin ini masih memuaskan.
City car baru dari peugeot ini mungkin tidak familiar di Indonesia. Merk yang kurang familiar bagi pengguna awam dan juga harga jual yang ditawarkan untuk Peugeot 107 membuat peminat city car berpikir 2 kali. Mesin yang digunakan sama dengan mesin duo Agya-Ayla, dengan penambahan teknologi VVTi dan mode transmisi peugeot 2-tronic.
No comments:
Post a Comment