Moin Readers, berapa waktu ini pasti santer mendengar Toyota All New Sienta. Apapula itu Sienta? Istimewanya seperti apa? ane ulas singkat buat Readers, semoga bisa segera test drive mobil ini.
Toyota All New Sienta merupakan mobil yang akan diadu head to head dengan Honda Freed di segmen sempit. Secara dimensi lebih kecil dari MPV Toyota Nav1 dan yang khas yaitu side sliding door.
Selama ini Honda Freed melenggang sendiri tanpa pesaing. Dengan masuknya Sienta, tentunya bakal menjadi musuh sepadan untuk Freed.
Melihat penjualan Freed di tahun 2015 sebanyak 3288 unit, tentu angka yang amat kecil jika dibandingkan dengan penjualan Avanza di tahun 2015 yg bisa membukukan angka 133.153 unit.
Lalu apa istimewanya Toyota bermain di segmen ini? Kalau menurut ane, sepertinya Toyota sebagai market leader MPV, tentunya untuk mempertahankan dominasi maka Toyota membuat Sienta sebagai pilihan produk. Dengan product positioning bagi gaya hidup dan aktivitas masyarakat perkotaan, tentunya akan menguatkan pilihan pembeli kepada merk Toyota.
Toyota All New Shienta mempunyai desain yang diluar kelaziman Toyota yang dijual di Indonesia. Desainnya out of the box Toyota selama ini. Di depan terdapat grill layaknya Yaris lele, dan ada tambahan garis hitam memanjang dari headlamp sampai rumah foglamp. Menurut Yui Hastoro, Direktur teknik TMMIN, garis simetris itu menyiratkan bentuk senyuman. Untuk menggambarkan bahwa Sienta ini ceria dan shinning. Body samping dengan garis pintu yang melengkung, dan kaca samping belakang terlihat tidak simetris dan bertabrakan dengan pintu sliding tengah. Tidak berhenti sampai tampak belakang pun masih terdapat garis senyuman dari stoplamp sampai ke bemper bawah.
Untuk interior sekilas tidak se-absurd eksterior, cenderung aman dan elegan. Dengan panel AC digital, Head unit monitor 4,2 inchi, steering switch control, cruise control, serta paket keselamatan dari Toyota safety sense C. Khusus untuk tipe Q telah menggunakan panel spedometer full LCD, keyless entry dengan push staRt/stop button, rem ABS, EBD, Stability Control, Gill Start Assist, Dual electric sliding doors, AC otomatis, double blower, dan E buah airbag. Kepraktisan sebagai mobil keluarga, diakomodasi dengan dua glovebox di depan dan tempat penyimpanan di bawah cluster tengah.
Untuk mesin yang dipasarkan di Indonesia, menggunakan mesin 2NR-FE yang merupakan penerus 1NZ-FE. Tapi tenaga yang dihasilkan biasa-biasa saja, dengan kubikasi mesin 1,5 L 4 silinder menyemburkan daya 107 dk pada 6.000 RPM dan torsi 140 Nm pada 6.200 RPM. Mungkin Toyota tidak ingin para family man yang mempunyai Sienta kebut-kebutan dan menikmati berkendara santai dengan Sienta.
Toyota All New Sienta dibanderol mulai Rp 230 juta hingga Rp 295 juta. Dengan segala kelebihan dan kekurangan Sienta ini, jika Readers berminat memiliki Sienta harus bersabar dulu karena Toyota baru membuka booking order, dan rilis resmi Toyota Sienta di bulan Juli 2015.
No comments:
Post a Comment