Iklan 1

Sunday, May 1, 2016

Si Cantik dengan mesin 3 Silinder, Nissan March 1.2 Tahun 2014

Moin Readers.. Artikel ini bermula dari ajakan ngopi seorang rekan hingga berujung dengan test drive tunggangan rekan ane. Sebuah city car atau mungkin small hatchback atau.. errr apapun itu karena banyak sekali referensi segmentasi dari mobil yang ane test drive kali ini. Tapi buat ane sangat cocok disebut city car menilik dari kapasitas mesinnya kecil dan dimensi bodynya yang cukup kompak. Yup ini dia Nissan March 1.2.
Intro
Nissan March atau disebut juga Nissan Micra sebuah merk yang telah diproduksi Nissan sejak tahun 1982 untuk pasar Eropa. Sejak pertama kali diproduksi telah mempunyai 4 generasi. Generasi pertama, kedua, dan ketiga mungkin tidak terlalu familiar di Indonesia dikarenakan memang dari pihak Nissan tidak diluncurkan resmi di Indonesia. Baru untuk generasi keempat yaitu K13 pihak Nissan meluncurkan Nissan March untuk pasar Indonesia di November 2010. Yang dipasarkan di Indonesia ada beberapa varian yaitu Nissan March 1.2 MT, Nissan March 1.2 AT, Nissan March 1.2 XS AT, dan Nissan March 1.5. Untuk yang ane sebut terakhir ternyata gagal di pasar Indonesia sehingga distop produksi oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Dan yang ane review ini adalah Nissan March 1.2 MT.
Eksterior

Kalau melihat eksterior mobil ini impresi awal mungkin adalah mobil ini cantik dan mirip Toyota Yaris Bakpao (NCP91). Membulat dan terkesan feminin.
Tampak depan menggunakan lampu bulat dan grill dengan V-shape. Modelnya cukup aman dan tidak ada yang aneh-aneh.

Di bagian samping tarikan garis body dan pilar C mirip dengan Yaris. untuk pelek menurut ane malah lebih keren daripada milik Yaris. 

Di bagian belakang untuk rearlamp tipe tahun 2014 ane lebih suka, terlihat senada dengan eksterior keseluruhan yang membulat. Kaca belakang juga disematkan wiper dan defogger untuk varian ini.
Interior
Ketika pertama kali memasuki kabin, kredit awal ane adalah handle pintu yang terasa mewah dan panel pintu yang terasa berat tidak seperti city car kebanyakan yang terasa enteng dan ringkih.



Di dalam kabin sepertinya bulatan-bulatan ini belum berakhir. Nuansa kabin masih menyisakan bulatan tapi thanx God wajah katak di dashboard pre facelift sudah tidak digunakan lagi.
Dashboard Nissan March pre facelift

Untuk headunit sudah menggunakan tipe double din. Panel AC masih menggunakan AC analog, untuk AC digital hanya digunakan di March tipe 1.2 XS dan 1.5.
Lingkar kemudi pas di tangan, nyaman dan senada dengan nuansa kabin.

Untuk glove box depan untuk city car surprisingly terdapat 2 buah walaupun dengan ukuran ruang yang tidak terlalu besar.


Leg room depan dan belakang tidak seluas Yaris NCP91 tapi cukup acceptable.

Kabin juga roomy, kabin lega untuk ukuran city car dan atap yang tinggi jadi duduk dibelakang pun kepala ane tidak sampai mepet dengan atap.


Bagasi cukup luas, bahkan info dari rekan ane yang punya mobil ini, bagasinya mampu membawa 5 galon air mineral.
Nuansa interior yang all black seharusnya membuat interior menjadi sporty namun build qualitynya yang masih di bawah kualitas interior Nissan Grand Livina menjadikan kurang sedap dipandang.
Mesin

Nah buat Readers pasti sedang menunggu poin soal mesin ini. Bagaimana kemampuan mesin HR12DE 1200 cc 3 silinder. Nissan mengklaim menggunakan bahan micro finishing pada bagian internal mesin yang mampu mengurangi friksi, yang ujung-ujungnya bisa mengurangi getaran mesin. Menurut ane memang suara mesin memang sedikit kasar tapi masih bisa diterima mengingat mobil ini 3 silinder.
Berikut engine note dari Nissan March yang sempet ane videokan.

Driving Impression


Ketika ane masuk ke dalam kabin cukup nyaman karena pengaturan jok untuk reclining, naik-turun, dan sliding. Lingkar kemudi pun sudah mengakomodasi fungsi tilt steering. Posisi duduk menurut ane terasa sama dengan Toyota Avanza, terasa duduk di bangku. Setelah menyalakan mesin dan mencoba berkeliling jalanan perkotaan, suara mesin sedikit terdengar didalam kabin, jadi mainkan musiknya ya Readers. Untuk karakter mesinnya memang mobil ini memang cocok sebagai city commuter. Tarikan buas di RPM bawah dan sedikit kedodoran di RPM atas.
Pricing
Untuk harga barunya menurut ane Nissan March terasa overprice. Di kisaran Rp 150 juta hingga yang tertinggi Rp 170 juta. Kalau harga bekas berkisar Rp 120 - 130 juta Readers bisa meminang Nissan March 1.2 MT tahun 2014 ini. Untuk pajak tahunan Readers bisa menyiapkan dana sekitar Rp 1,9 juta.
Kesimpulan
A proper city car dari desain dan mesin, cukup memuaskan dipakai di habitatnya, padatnya perkotaan. Walau dengan kisaran harga bekasnya di tahun 2014 Readers bisa memilih mobil baru sekelas Agya, Ayla, ataupun Datsun, setidaknya ini city car bukan LCGC kan.
Pros
1. Desain acceptable dan cantik
2. Kabin lega
3. RPM bawah responsif, cocok untuk city commuter
4. Bantingan empuk

Cons
1. Harga yang tinggi
2. Build quality interior
3. RPM atas yang kehabisan nafas

Sekian hasil test drive Nissan March 1.2 tahun 2014 spesial untuk Readers. Jika ada pertanyaan, kritik, ataupun saran monggo untuk berkomentar di kolom komentar bawah ini.

2 comments:

  1. si kecil yang lincah cocok utuk ots ke desa-desa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan, cocok untuk agan AO parete yang intens di lapangan haha

      Delete